Sunday, November 11, 2018

PEDULI LINGKUNGAN SEJAK DINI MELALUI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP




Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) merupakan pendidikan tentang lingkungan hidup yang ditujukan untuk memberikan penyadaran dan keyakinan peserta terhadap pelestarian lingkungan sehingga dapat merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan Lingkungan Hidup dilaksanakan guna mengupayakan kesadaran dan kepedulian para peserta agar senantiasa melestarikan dan menjaga lingkungan di sekitar.


Pada bulan Oktober 2018, MAHAMERU menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Lingkungan Hidup. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu bulan, dimulai dari Jumat, 19 Oktober 2018 sampai dengan Jumat, 9 November 2018 yang terdiri dari empat kali pertemuan. Pendidikan Lingkungan Hidup yang dilaksanakan berlokasi di SD Negeri Karangmulyo yang berada diwilayah Kotagede, Yogyakarta. Kegiatan ini melibatkan peserta sebanyak 44 siswa dari kelas 3 dan kelas 4 SD.






Pendidikan Lingkungan Hidup dilaksanakan setiap hari Jumat selama satu bulan. Pertemuan pertama dilaksanakan pada Jumat, 19 Oktober 2018, kemudian disusul dengan pertemuan berikutnya yaitu pada Jumat, 26 Oktober 2018 dan kemudian pada Jumat, 2 November 2018 serta puncak acara yang terakhir kali dilaksanakan yaitu pada Jumat, 9 November 2018. Kegiatan ini meliputi penyampaian materi seputar lingkungan hidup dan permasalahannya serta diselipkan kegiatan lain yang menarik minat peserta. Penyampaian materi di awali dengan materi lingkungan hidup secara dasar lalu dilanjutkan dengan materi sampah, dan berikutnya materi pohon dan hutan, serta kemudian ditutup dengan materi mengenai air.

 



Melalui media powerpoint dan video, peserta diajak untuk memahami dan menganalisis masalah lingkungan di sekitar. Para siswa pun aktif dalam menjawab berbagai pertanyaan serta berpartisipasi pada seragkain kegiatan dalam rangkaian Pendidikan Lingkungan Hidup.







Pendidikan Lingkungan Hidup yang diselenggarakan oleh MAHAMERU diharapkan dapat menambah wawasan peserta, khususnya siswa Sekolah Dasar terhadap lingkungan hidup yang selanjutnya akan timbul kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan. Contoh kecil yang dapat dilakukan yaitu membuang sampah pada tempatnya.


"Hijaukan Bumi, Damaikan Hati"




No comments:

Post a Comment