Wednesday, June 7, 2017

Kepengurusan Baru MAHAMERU 2017-2018


Pergantian kepengurusan MAHAMERU tahun ini membawa banyak inovasi dari segi struktural organisasi kepengurusan dan juga membawa misi-misi baru yang nantinya diharapkan dapat terealisasi dengan baik. MAHAMERU tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini MAHAMERU diisi dengan dua belas orang pengurus dan terbagi menjadi tiga divisi, satu biro, dan dilengkapi jajaran pengurus inti. Berbeda dengan tahun sebelumnya dimana MAHAMERU memiliki empat divisi, dua biro, beserta jajaran pengurus inti.
Berikut adalah susunan kepengurusan baru Komunitas Mahasiswa Pencinta Alam MAHAMERU. Ketua umum Komunitas Mahasiswa Pencinta Alam diisi oleh Abeyasa Audry Argawana (M-XII/119), mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi angkatan 2015. Kemudian Sekretaris diisi oleh Sandika Abdi Choirinsani (M-XIII/124), mahasiswa Pendidikan Geografi angkatan 2016. Bendahara diisi oleh Aprilia Purwaningsih (M-XII/121), mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum angkatan 2015.
Kemudian disamping itu tedapat biro Infokom yang diisi oleh Destri Ananda (M-XIII/125), mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2016. Divisi di Mahameru dibagi menjadi tiga yaitu Divisi Kepencintaalaman, Divisi Pendidikan, dan Divisi Lingkungan Hidup.
Divisi Kepecintaalaman diketuai oleh Amin Setianto, mahasiswa Pendidikan Sejarah angkatan 2016/ angkatan diksar XIII. Dan dibantu oleh dua orang staff yaitu Mohammad Haqi, mahasiswa Ilmu Sejarah angkatan 2014 (M-XII/122) dan Annisa Ismayani (M-XII/118), mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum angkatan 2015. Divisi Kepecintaalaman tahun ini adalah gabungan dari divisi Gunung Hutan dan Arung Jeram periode sebelumnya dan ditambah beberapa kegiatan alam bebas seperti panjat tebing, susur goa, dan sebagainya. Secara garis besar Divisi kepecintaalaman adalah divisi yang mewadahi pengembangan potensi anggota internal di bidang kepecintaalaman.
Divisi Pendidikan diketuai oleh Abeyasa Auvry Tirtabayu (M-XIII/126), mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi angakatan 2016 dan dibantu oleh Roja Nuryana (M-XIII/127), mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi angkatan 2015. Divisi pendidikan dalam periode kali ini mempunyai amanah untuk mengawal penerimaan anggota baru MAHAMERU dan mengkader anggota-anggota baru MAHAMERU supaya memiliki karakter kemahameruan. Selain itu juga menjadi tugas Divisi Pendidikan yaitu pemetaan sumber daya untuk kelangsungan oraganisasi MAHAMERU. Berjalannya Divisi Pendidikan adalah ibarat bidan dalam persalinan MAHAMERU.
Divisi Lingkungan Hidup adalah jelmaan dari Divisi Konservasi tahun lalu yang cakupannya lebih diperluas. Divisi Lingkungan Hidup merupakan divisi yang bergerak dalam konservasi dan pengabdian masyarakat. Divisi  Lingkungan Hidup merupakan implementasi bagaimana kita menjadi subjek yang memberi kebermanfaatan bagi lingkungan sekitar. Divisi ini diketuai oleh Latifah Diah Azhari (M-XII/120), mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi angakatan 2015. Dan dilengkapi oleh dua staff yaitu Lia Widia Ningsih (M-XIII/128) dan Dheni Miftakhur R (M-XII/117).

MAHAMERU dalam kepengurusan tahun ini membawa misi karakter, dimana dalam satu periode MAHAMERU dituntut untuk membentuk karakter lingkungan dan karakter internal MAHAMERU. Konsen pembentukan karakter internal sudah diwadahkan dalam program kerja dan peraturan rumah tangga terbaru dalam MAHAMERU. Untuk pembentukan karakter lingkungan yang akan digalakkan yaitu adalah karakter konservasi dimana dalam menjalani gaya hidup seseorang manusia  wajib mempehatikan kebermanfaatan dan efisiensi suatu barang dengan petimbangan lingkungan.Dimana nantinya kita akan mengurangi barang yang terbuang; sederhananya pegurangan sampah. Untuk khususnya yang menjadi konsen MAHAMERU adalah sampah plastik itu sendiri yang memang memiliki dampak lingkungan paling besar ketika tidak dikurangi penggunaannya dan tidak dikelola dengan baik.

2 comments: